BSYoGpClBUMpGUzoTfr8GUC0TA==

Ikut Pelatihan Desain Grafis di BLK Al Muchsin Pegandon, Bisa Bikin Mug, Ganci, Pin dan Sablon Kaos Digital

Simak kisah penulis dalam mengikuti kegiatan pelatihan desain grafis di sebuah BLK Al Muchsin Pegandon Kendal yang bisa membuat para pesertanya belajar membuat produk percetakan seperti mug cantik, gantungan kunci alias ganci, pin sampai sablon kaos digital


Pengalaman mengikuti pelatihan junior graphic deigner di BLKK Al Muchsin Pegandon kabupaten Kendal

Asifbaproject.com - Kami akan membagikan pengalaman penting dalam pelatihan junior desain grafis di sebuah BLK atau Balai Latihan Kerja Komunitas Al Muchcin.

Bertempat di Pegandon, Kendal, BLK Al Muchsin bekerja sama dengan dinas tenaga kerja Kabupaten Kendal untuk memberikan skill berupa pelatihan desain grafis dan sejumlah produk percetakan.

Hasilnya, para peserta bisa belajar membuat mug cantik, pin, ganci sampai sablon kaos digital dari hasil desain para pesertanya sendiri.

Sejumlah bekal tersebut diharapkan bisa menjadi bekal dalam menghadapi persaingan ketat dalam dunia kerja di Indonesia.

Kisah mengikuti kegiatan pelatihan junior graphic design ini berasal dari pengalaman pribadi Asifba Art di tahun 2021 lalu.

Cerita mengikuti kegiatan pelatihan junior graphic design ini bermula dari seorang teman yang menawarkan untuk menggantikan posisinya sebagai peserta pelatihan.

Seseorang tersebut menawarkan Asifba Art untuk mengikuti pelatihan desain grafis di BLKK Al Muchsin Pegandon selama satu bulan.

Berhubung Asifba Art tengah lenggang karena masih menganggur, tawaran tersebut akhirnya saya terima dan lanjut ke proses pendaftaran.

Kemudian di hari selanjutnya, Asifba Art harus melengkapi persyaratan pendaftaran sebagai peserta junior graphic design sendirian.

Kendati demikian, Asifba Art telah mengantongi kontak WhatsApp instruktur BLKK Al Muchsin Pegandon Kendal yang kemudian dibimbing melalui chat atau secara daring.

Usai lengkap dan dinyatakan diterima oleh Kemnaker dan BLKK Al Muchsin, Asifba Art diperintahkan untuk mengikuti acara pembukaan pelatihan yang berlokasi di Kantor Kemnaker Kabupaten Kendal.

Kala itu, semua peserta pelatihan graphic design mengenakan baju putih dengan bawahan hitam layaknya jobseker atau pencari kerja.

Di hari itu, seluruh peserta telah berjanji untuk mampu mengikuti kegiatan pelatihan junior graphic design hingga selesai.

Tak hanya dari BLKK Al Muchsin, ternyata Kemnaker juga membuka pelatihan junior graphic design di BLKK Al Fadlu secara serentak.

Sehingga acara pembukaan tersebut diikuti oleh banyak peserta pelatihan junior graphic design dari BLKK Al Muchsin dan Al Fadlu .

Daftar isi

Apa itu Balai Latihan Kerja?

Balai Latihan Kerja (BLK) adalah lembaga pendidikan atau pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan dan peningkatan kompetensi kepada individu dalam berbagai bidang pekerjaan. 

BLK biasanya dioperasikan oleh pemerintah atau lembaga-lembaga yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia. Tujuannya adalah membantu individu memperoleh keterampilan yang dapat meningkatkan peluang mereka dalam dunia kerja.

Beberapa ciri khas dari Balai Latihan Kerja (BLK) adalah:

1. Pelatihan Keterampilan: 
BLK menyediakan berbagai program pelatihan keterampilan dalam berbagai bidang, seperti pembuatan, teknologi, komputer, perhotelan, perawatan kesehatan, pertanian, dan banyak lagi.

2. Penyesuaian Dengan Kebutuhan Lokal: 
Program-program BLK seringkali disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja lokal dan permintaan industri di daerah tersebut.

3. Sertifikasi: 
Setelah menyelesaikan program pelatihan, peserta biasanya menerima sertifikat atau pengakuan yang dapat membantu mereka dalam mencari pekerjaan atau meningkatkan posisi dalam karier mereka.

4. Kegiatan Pengembangan Karier: 
BLK dapat memberikan bimbingan karier dan informasi tentang peluang pekerjaan kepada peserta.

5. Akses untuk Semua: 
BLK sering terbuka untuk semua kalangan, termasuk lulusan sekolah, pencari kerja, dan individu yang ingin meningkatkan keterampilan mereka.

6. Dukungan Pemerintah: 
BLK biasanya mendapat dukungan dari pemerintah, baik dalam bentuk dana maupun bantuan teknis.

Tujuan utama BLK adalah membantu meningkatkan kompetensi tenaga kerja, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. 

BLK memiliki peran penting dalam menciptakan peluang kerja dan mendukung pembangunan sumber daya manusia di suatu negara atau wilayah.

Pelatihan Soft Skill Bersama Kemnaker

Usai dibuka secara resmi, kami diberikan pelatihan soft skill oleh Kemnaker yang bekerjasama dengan salah satu LPK di Kabupaten Kendal.

Pelatihan soft skill ini berlangsung selama dua hari dari pagi hingga sore atau full day.

Peserta pelatihan junior graphic design ini mendapat banyak pelajaran berharga. Mulai dari motifasi, pentingnya komunikasi di dunia kerja hingga kerjasama tim saat di lingkungan kerja.

Semua kegiatan pelatihan soft skill ini dirangkum dalam kemasan acara santai dimana para peserta diwajibkan menggunakan kaos dan celana training.

Kabar baiknya, pembagian grup atau tim saat agenda pelatihan soft skill ini tak hanya difokuskan pada satu BLKK saja. Namun semua peserta dicampur me jadi satu.

Sehingga peserta pelatihan dari BLKK Al Muchsin memiliki kesempatan yang bagus untuk mengenal para peserta pelatihan BLKK Al Fadlu.

Ketika pelatihan soft skill ini berakhir, seluruh peserta diberikan ATK dan seragam secara gratis dari Kemnaker untuk digunakan saat pelatihan di BLKK setempat.

Hari Pertama di BLKK Al Muchsin Pegandon

Peserta pelatihan BLKK Al Muchsin Pegandon Kabupaten Kendal tahun 2021
 
Ketika ada pertemuan di hari pertama, Asifba Art berangkat sedikit siang, sehingga hanya memperoleh kursi sisa di bagian belakang.

Di hari pertama ini, seluruh peserta dan instruktur saling berkomunikasi untuk memgenal satu sama lain sekaligus membentuk kepengurusan kelas.

Kala itu, Aufa menjadi ketua kelas yang dibantu oleh bendahara dan sekretaris dari kalangan perempuan di BLKK Al Muchsin.

Pada hari pertama ini BLKK Al Muchsin langsung mengadakan pembelajaran yang diampu oleh Bp Asgaf dimana materi terfokus pada teknis penggunaan komputer dan Microsoft Word.

Seminggu Pertama Pelatihan di BLKK Al Muchsin Pegandon

Pada minggu pertama, peserta pelatihan tidak langsung diarahkan kepada software desain grafis. Melainkan belajar Microsoft office group.

Mulai dari Word, Excell hingga power point. Pafa akhirnya, peserta pelatihan diberikan tugas sesuai dengan arahan dari pemateri yang ada.

Ketika memasuki materi power point, seluruh peserta ditugaskan untuk membuat profil bisnis dan nantinya akan dipresentasikan di depan kelas masing-masing.

Tak hanya bisnis yang serius, sejumlah peserta yang humoris pun membuat materi yang terbilang nyleneh dan unik.

Hal tersebut tentunya menjadi hiburan tersendiri bagi para peserta dan pengajar di BLKK Al Muchsin Pegandon Kendal.

Tujuh hari pertama di BLKK Al Muchsin ini rupanya para peserta pelatihan masih malu-malu dan belum berani mengekspresikan diri.

Suasanna kelas pelatihan junior ghraphic designer di BLKK Al Muchsin Pegandon Kendal

Lantas muncul inisiatif salah satu orang untuk mengadakan pesta rujak dan lotek untuk makan bersama.

Kegiatan ini sukses dan berlangsung lancar, efek baiknya para peserta semakin akrab dan lebih srawung dengan teman sebayanya.

Tak hanya sesama jenis kelamin, persahabatan dan kekeluargaan ini terjalin pada seluruh peserta pelatihan di BLKK Al Muchsin Pegandon.

Berhubung sebelum memasuki BLKK Al Muchsin sudah mendapatkan seragam, kami pun menjadwalkan penggunaan seragam di hari tertentu.

Di minggu pertama ini, seluruh peserta pelatihan telah menggunakan seragam BLKK sesuai jadwal yang telah disepakati.

Minggu Kedua Pelatihan Junior Graphic Design di BLKK Al Muchsin Pegandon

Pada minggu kedua ini, peserta pelatihan junior graphic design di BLKK Al Muchsin Pegandon mulai memasuki materi inti, yakni desain grafis.

Pengampu berganti secara langsung oleh Instruktur BLKK Al Muchsin yaitu Bapak Sagaf. Ia mengajarkan desain grafis menggunakan software CorelDraw.

Pada mulanya, peserta diajarkan teknik dasar CorelDraw hingga dituntun untuk membuat sebuah karya desain. 

Pak Sagaf, selaku pemateri menjelaskan kepada para peserta dengan sabar dan rela berkeliling ke sejimlah komputer untuk mengajarkan secara pribadi.

Hal itu merupakan salah satu upaya dari pemateri supaya peserta bisa menggunakan serta mengoperasikan software CorelDraw untuk desain grafis.

Pasalnya, sejumlah peserta dari BLKK Al Muchsin ini bamyak dari kalangan yang belum pernah menggunakan software CorelDraw.

Senam atau olehraga bersama peserta BLKK Al Muchsin Pegandon Kendal tahun 2021 yang dilaksanakan setiap Jumat pagi hari.

Perlahan tapi pasti, sejumlah peserta pelatihan bisa mengikuti arahan pemateri dengan cukup baik sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Pada awal mula pelatihan ini, para peserta diajarkan untuk membuat desain menirukan arahan dari pemateri.

Namun peserta pelatihan tetap mendapatkan tugas, yaitu membuat karya desain sesuai dengan imajinasi dan pemikiran masing-masing.

Minggu Ketiga Pelatihan Junior Graphic Designer di BLKK Al Muchsin

Pada minggu yang ketiga saat pelatihan junior graphic design ini, instruktur terus mengajarkan desain grafis yang berfokus pada pembuatan desain logo.

Awalnya, instruktur mengajarkan dan mengajak peserta untuk mencontoh desain logo yang ada. Seperti desai logo stasiun televisi hingga perusahaan besar lain.

Nah di minggu ketiga ini, Asifba Art ditunjuk oleh Instruktur untuk mengisi materi desain vector art yanv berfokus pada seni lukis wajah menggunakan CorelDraw.

Pada mulanya banyak peserta yang senang dan ingin tahu detail pembuatan vector art. Namun karena desain ini memang rumit, para peserta banyak yang keteteran dan kebingungan.

Akibatnya, Asifba Art harus mau terjun dan membimbing secara perorangan supaya bisa membuat karya seni vector art.

Saking rumitnya pembuatan desain vector art dan membutuhkan skill serta penguasaan sejumlah tools, membuat pelatihan desain vector art ini terhambat dan tak selesai.

Akhirnya, pembelajaran vector art hanya selesai pada area T dimana baru selesai menggambar area mata, hidung dan mulut saja.

Hal tersebut tidak serta merta membuat Asifba Art kecewa, pasalnya kami telah bangga dan senang bisa berbagi ilmu di BLKK Al Muchsin Pegandon.

Kemudian, pembelajaran lanjut pada babak berikutnya dimana para peserta desain grafis dituntut untuk membuat desain PIN dan gantungan kunci.

Minggu Keempat Pelatihan Junior Graphic Designer di BLKK Al Muchsin

Di minggu terakhir pelatihan junior graphic design ini, para peserta lebih banyak ke arah praktek untuk memproduksi barang percetakan.

Pada mulanya, seluruh peserta belajar membuat Ganci dan PIN dengan desain yang telah dibuat masing-masing. 

Ketika pengepresan Ganci atau PIN, banyak diantara mereka yang gagal karena faktor kurang yakin dan apes. Kendati demikian, tak menyurtkan semangat para peserta pelatihan.

Mereka terus berusaha dan membuat Ganci atau PIN yang baru dengan memcetak dan mengepres ulang. Akibatnya, beberapa peserta ada yang mendapat lebih dari satu Ganci atau PIN.

Praktik pembuatan Ganci dan PIN menggunakan alat press khusus di BLKK Al Muchsin Pegandon Kendal

Kemudian, pelatihan berlanjut memproduksi MUG Costum. Berbahan dari gelas putih coatingan  dan kertas sublim.

Para peserta disuruh untuk membuat desain MUG Costum terlebih dahulu sebelum nantinya dicetak menggunakan kertas sublim dan dkpres pada suhu yang panas.

Pada fase ini, banyak diantara mereka yang berhasil membuat MUG Costum lantaran pembuatan yang mudah serta resiko pembuatan yang rendah.

Setelah produksi MUG Costum selesai, para peserta mendapatkan tugas untuk mendesain kaos yang nantinya akan disablon ke kaos masing-masing.

Setiap orang mendapatkan kaos sesuai dengan warna pilihannya dan nantinya akan disablon menggunakan desain yang dibuat sendiri.

Kali ini, sablon kaos hanya menggunakan media kertas transfer yang nantinya dipress menggunakan suhu yang tinggi dalam waktu tertentu.

Pada sesi pembuatan kaos ini, para peserta banyak yang berhasil dan bisa menyablon dengan kualitas yang cukup baik.


Minggu Kelima Pelatihan Junior Graphic Designer di BLKK Al Muchsin

Minggu kelima ini merupakan detik-detik terakhir ikut pelatihan desain grafis di BLKK Al Muchsin Pegandon Kendal.

Para peserta diwajibkan untuk melakukan promosi produk yang ada di BLKK sebagai tugas akhir, yaitu praktek wirausaha.

Para peserta pelatihan tak malu-malu membuat story dan promo si berbagai media untuk mengiklankan produk mereka yang telah dibuat pada minggu keempat.

Promosi peserta pelatihan junior graphic designer di BLKK Al Muchsin tergolong sukses, di hari pertama, langsung laku lebih dari 50 MUG Costum dan sejumlah kaos sablonan.

Proses produksi MUG oleh operator mesin press dari peserta pelatihan junior graphic dedigner di BLKK Al Muchsin Pegandon Kendal

Tak hanya itu, ada juga yang mendapat orderan Ganci dan PIN sehingga produksi semakin ramai dan padat akan karya.

Dari sini, pengelolaan BLKK Al Muchsin menganggap para peserta pelatihan junior graphic design adalah mitra mereka untuk berpartner dan berwirausaha bersama.

Sehingga hasil produksi dan penjualan barang tersebut nantinya akan dibagi hasil dengan pengelola. Sehingga keuntungan juga akan didapatkan bersama.

Hari Terakhir: Penutupan Pelatihan Junior Graphic Designer di BLKK Al Muchsin

Setelah selesai praktik wirausaha, akhirnya bertemulah di hari terakhir, dimana para peserta menjalani ritual penutupan pelatihan junior graphic designer.

Penutupan ini dilaksanakan di kantor BLK Kabupaten Kendal yang berlokasi di Jenarsari, Gemuh, Kabupaten Kendal.

Pada sesi ini peserta akan mendapatkan uang saku sekaligus sertifikat yang bisa digunakan untuk mendaftar kerja.

Namun sayang, banyak sertifikat dari peserta pelatihan BLKK Al Muchsin yang salah penulisan, mulai dari tanggal lahir hingga nama peserta.

Dengan terpaksa, sejumlah peserta pelatihan mengembalikan sertifikat pelatihan dan menunggu revisi dari Disnaker.

Perayaan ulang tahun salah satu peserta pelatihan BLKK Al Muchsin Pegandon kendal sekaligus doa bersama yang dipimpin langsung oleh instruktur.

Meski pelatihan sudah selesai, namun masih ada orderan yang masuk di kalangan peserta pelatihan BLKK Al Muchsin.

Sehingga membuat para peserta kembali ke BLKK Al Muchsin untuk makukan produksi kembali terakit pesanan yang ada.

Hingga sore, produksi masih berlangsung. Ada yang memproduksi MUG Costum, sablon kaos hingga Ganci atau PIN.

Pada hari inilah peserta pelatihan menyerahkan uang bagi hasil sesuai dengan kemampuan wirausaha masing-masing.

Drama Revisi Sertifikat Pelatihan Junior Graphic Designer di BLKK Al Muchsin

Mengingat banyak sertifikat peserta BLKK Al Muchsin yang direvisi, akibatnya mereka tak kunjung mendapatkan sertifikat dari Disnaker.

Pada mulanya, seluruh peserta disuruh untuk mengumpulkan fotocopy sertifikat ke salah satu koordinator kelas bagi yang tak mengalami revisi.

Namun setelah mengumpulkan sertifikat fotocopy an, dari Disnaker mengabarkan masih ada revisi kembali karena kesalahan penulisan lokasi.

Lambannya peoses revisi, membuat sejumlah peserta jenuh menunggu. Padahal mereka sangat membutuhkan sertifikat tersebut untuk mendaftar bekerja.

Hingga akhir Januari 2022 belum ada tanda-tanda sertifikat pelatihan sudah selesai direvisi atau belum.

Kendati demikian, banyak peserta yang sabar dan masih berharap akan revisi sertifikat segera rampung. Sehingga sertifikat tersebut bisa segera digunakan untuk mencari pekerjaan.

Video Dokumenter Pelatihan Junior Graphic Designer di BLKK Al Muchsin

Video Dokumenter

Berikut sebuah video dokumenter dari Asifba Art sebagai kenang-kenangan mengikuti pelatihan junior graphic design di BLKK Al Muchsin Pegandon



Demikian kisah singkat ketika mengikuti pelatihan junior graphic designer di BLKK Al Muchsin Pegandon yang bekerja sama dengan Disnaker Kab. Kendal.*****

Komentar0

Type above and press Enter to search.