BSYoGpClBUMpGUzoTfr8GUC0TA==

Istilah Finishing Spanduk MMT, Ada Simming, Keling dan Kolong

Ternyata terdapat sejumlah istilah finishing yang biasa dilakukan oleh percetakan spanduk MMT setiap hari, seperti simming, keling dan kolong.

Contoh finishing spanduk MMT kolong bambu (Dok. Asifba Art)

AsifbaProject.com - Istilah finishing spanduk MMT tak begitu asing bagi sejumlah orang yang biasa berkecimpung di dunia percetakan banner.

Namun, bagi sebagian orang awam, masih bingung mengenai istilah fimishing apa saja yang biasa dilakukan para pekerja.

Mulai dari keling, simming hingga kolong bisa dilakukan untuk finishing spanduk MMT yang menyesuaikan kebutuhan dari costumer.

Lantas, apa saja pengertian dan bentuk dari finishing spanduk MMT tersebut? simak penjelasannya dalam artikel ini.

Finishing Spanduk MMT Keling

Keling, dalam dunia percetakan biasa disebut dengan lubang. Ada yang menamainya mata ikan, mata ayam hingga bolongan untuk memudahkan costumer mengerti istilah keling.

Biasanya, finishing keling diletakkan di area pojok-pojok spanduk dan sejumlah titik dengan alat press keling dan tentunya besi keling sendiri.

Finishing keling atau mata ayam (Dok. Asifba Art)

Costumer bisa melakukan request seberapa banyak lubang yang ia butuhkan untuk spanduk MMT yang ia pesan. Apabila jumlah lubang melebihi batas standar yang ditentukan, biasanya pihak percetakan akan meminta biaya tambahan.

Tenang! biaya tambahan satu lubang keling MMT ini biasanya dibanderol dari harga Rp500 sampai Rp1000 rupiah. Sehingga tak akan membuat kantong Anda kering.


Finishing Spanduk MMT Simming

Simming merupakan istiulah yang biasa dipakai untuk menyebut adanya tekukan ke belakang. Biasanya pegawai akan melakukan simming ini menggunakan alat khusus yang ditarik dan didorong secara manual oleh dua orang.

Namun, untuk mempercepat dan memudahkan pekerjaan simming, pelaku finsihing ada yang mengakalinya dengan memakai lem G atau alteko supaya bisa nempel dan menekuk ke belakang.

Finishing simming press pada spanduk MMT (Dok. Asifba Art)

Memang, pengerjaan simming menggunakan lem ini akan mempersingkat waktu dan mempercepat proses finishing. Namun kekurangannya hasil simming tak sebagus menggunakan mesin.

Kendati demikian, simming tetaplah finising yang meneraokan adanya tekukan ke belakang pada spanduk MMT nya.


Finishing Spanduk MMT Kolong

Finishing kolong atau kolongan biasa digunakan oleh istilah finishing percetakan spanduk MMT untuk membuat sebuah lubang kolong bambu.

Letaknya bisa di bagian atas bawah atau kanan kiri spanduk, sesuai permintaan pelanggan atau costumer. Biasanya pihak percetakan akan memberikan lebihan bahan sepanjang 5 sd 10 cm sesuai dengan standar perusahaan.

Finoishing kolong bambu kanan kiri pada spanduk MMT (Dok. Asifba Art)

Dari lebihan bahan tersebut kemudian dilipat ke belakang dan membentuk sebuah lubang kolong yang bisa dimasukkan bambu sebagai rangka spanduk MMT.

Pada umumnya, finishing kolong bambu ini digunakan untuk mencetak Round Text yang biasa terpasang di pinggiran jalan dan tersebar di sejumlah titik.


Variasi Finishing Spanduk MMT

Terkadang, costumer menginginkan finishing desain spanduk MMT costum dengan berbagai model. Mulai dari simming keling pres gambar, simming keling lis, kolong bambu lis.

variasi finshing los lebihan bahan lis putih pada spanduk MMT (Dok. Asifba Art)

Simming Keling Press Gambar adalah finising spanduk MMT yang memberikan simming dengan tekukan ke belakang, pres gambar desain yang pojoknya diberi lubang keling.

Simming Keling Lis Putih adalah sebuah finishing spanduk MMT yang memberikan efek simming atau tekukan ke belakang dengan tambahan bahan (lis putih) di bagian tepi desain yang bisa dijadikan nampak seperti frame kecil.

Kolong Bambu Atas Bawah, Kanan Kiri Potong Press adalah sebuah finishing yang menerapkan kolongan pada bagian atas bawah dan kanan kirinya berbentuk potong pres gambar.

Kolong Bambu Atas Bawah, Kanan Kiri Lis Putih Mirip dengan yang diatas, perbedannya pada bagian samping kanan kiri desain akan ditambahkan lis putih.

Kolong Bambu Kanan Kiri, Atas Bawah Potong Press, artinya finishing kolong bambu diterapkan pada bagian kanan kiri desain spanduk dan bagian atas bawah dipotong press gambar.

Kolong Bambu Kanan Kiri, Atas Bawah Lis Putih, artinya kolong bambu diterapkan pada bagian kanan kiri spanduk dan pada bagian atas bawah diberi lis putih.

Selain dari variasi yang disebutkan di atas, sebagai costumer bisa melakukan request finishing lain untuk menjadikan spanduk MMT sesuai dengan keinginan.

Tentunya jika variasi finising tidak standar, biasanya akan ada biaya untuk request finishing tersebut.

Demikian artikel mengenai sederet istilah finishing spanduk MMT yang ada di percetakan. Mulai dari simming, kolong dan keling lengkap dengan pengertiannya.***


Komentar0