BSYoGpClBUMpGUzoTfr8GUC0TA==

Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan HP Android Penuh: Ada Banyak Hidden File Berukuran Besar!

Simak cara ampuh mengetahui letak hidden file besar tersembuyi di HP Andaroid yang bikin penyimpanan penuh tak terduga.

Ilustrasi penyimpanan HP Android penuh/Pexels

Asifbaproject.com - Berikut trik ampuh dan rahasia untuk mengatasi memori HP android yang penuh meski file sudah dihapusi atau dibersihkan.

Sebagaimana diketahui banyaj file hidden di HP android yang wajib dihapus karena dipastikan itulah yang membuat penyimpanan menjadi penuh..

Trik rahasia untuk membersihkan file hidden ini telah dipraktekkan oleh Asifba Art sejak lama. Namun banyak yang belum mengetahui file apa saja yang bisa dihapus.

Pasalnya di HP Android sendiri banyak file yang memang sengaja dibuat oleh sistem aplikasi karena digunakan sehari-hari.

Namun file tersebut terkadang tersembunyi dan tak terlihat secara kasat mata jika Anda tak menggunakan trik khusus ini.

Bisa saja memori internal puluhan GB full atau penuh dengan hidden file berukuran besar tersebut. Dipastikan file besar ini juga mengganggu performa HP Android.

Maka susah selayaknya pengguna menghapus sejumlah file hidden ini dan membersihkannya secara rutin. Bisa tiga hingga empat hari sekali, atau satu minggu sekali.

Tak hanya digunakan oleh pengguna ponsel Android dengan memori internal yang besar saja. Trik ini juga wajib dipraktekkan pada smartphone Android murah dengan kapasitas penyimpanan kecil.

File tersebut merupakan sampah yang wajib dihilangkan dari ponsel Android supaya handphone bisa segar kembali dan tak perlu beli HP baru.

Anda bisa membersihkan file hidden tersebut dengan aplikasi manajemen file. Bisa bawaan HP atau Es Penjelajah File yang bisa diunduh di Play Store.

Berikut sejumlah file hidden yang berukuran besar dan wajib dihapus oleh pengguna hp Android supaya memori penyimpanan tak penuh terus.

Namun, Anda perlu melakukan aktivasi pada setelan file manager supaya bisa melihat file hidden terlebih dahulu sebelum menghapusi file sampah ini.

Aktifkan hidden file supaya data yang tersembunyi bisa terlihat pada file manager


1. File .thumbnail

File .thumbnail ini biasanya bersemayam di area folder DCIM/Camera/.thumbnail. Hapus file ini secara berkala, mengingat ukurannya semakin besar seiiring berjalannya waktu.

File .thumbnail ini berasal dari kumpulan preview gambar dari Galeri. Jadi semakin sering Anda membuka galeri dan semakin banyak foto yang dimiliki, maka semakin besar juga ukuran folder .thumbnail ini.

Selain itu, file video juga bisa mempengaruhi besar kecilnya isi folder .thumbnail ini yang bisa membuat penyimpanan menjadi penuh.

Jadi, hapuslah secara berkala folder . thumbnail yang ada di dalam folder DCIM ini supaya HP menjadi ringan dan tak terbebani file hidden ini.


2. File WhatsApp

Diketahui, WhatsApp merupakan sebuah aplikasi chat yang saat ini digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia.

Penggunaan WhatsApp secara terus menerus ternyata bisa menimbun file hidden yang berukuran besar. Tak tanggung-tanggung, ukurannya bisa mencapai ber Giga-giga.

File hidden di folder WhatsApp yang bisa dihapus secara berkala upaya ponsel menjadi enteng

Anda bisa mengecek file sampah ini di folder WhatsApp/Database/Disini. Biasanya file ini tak dapat dibaca melalui file manager.

Apabila tak menemukannya, Anda bisa pergi ke Android/Media/Com.WhatsApp/disini file hidden yang harus dihapus.

Namun Anda bisa menghapus file sampah tersebut secara cuma-cuma dan WhatsApp yang Anda miliki pun aman tanpa adanya bug atau kerusakan.



3. Data di Folder Android

Sudah sewajarnya Android yang memiliki banyak instalan aplikasi akan banyak memakan memori. Seperti halnya yang terjadi pada perangkat elektronik lainnya.

Anda bisa menghapus sejumlah file sampah yang dihasilkan oleh berbagai aplikasi yang terinstall. Namun Anda wajib memperhatikan aplikasi apa saja yang sekiranya tak akan berpengaruh jika file di folder ini dihapus.

Pasalnya, terdapat sejumlah game atau aplikasi yang menyimpan data utamanya di dalam folder Data Android ini. Jadi tetaplah hati-hati menghapus file yang ada disini.



4. File Hidden Tak Dikenal

Tidak menutup kemungkinan dalam HP Android Anda terdapat sejumlah file hidden yang tak dikenal dan berpotensi untuk memperlambat ponsel Anda.

File hidden yang wajib Anda hapus supaya tak membebani smartphone Android

Biasanya file hidden ini merupakan sebuah virus yang menginfeksi ponsel atau smartphone Anda. Jadi tak perlu risau untuk menghapusnya.

.

5. Masuk ke Dalam Setiap Folder dan Cek

Masuklah ke dalam setiap folder yang ada. Jika folder itu tak digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya hapus saja.

Apabila Anda menemukan hidden file yang berupa sampah, hapuslah saja secara langsung tanpa perlu ragu. Namun tetaplah teliti dalam menyeleksi file yang akan Anda hapus.



6. Hapus Folder .Recyele Bin

Jika Anda telah menerangkan trik di atas, namun memori masih penuh segera cari folder hidden di bagian memori internal terluar dengan nama .Recycle bin.

File recyele bin yang wajib dihapus karena memenuhi penyimpanan perangkat

Folder ini berisikan file backup sebelum Anda hapus secara permanen. Jadi fungsinya bisa digunakan untuk mengembalikan file yang Anda sudah hapus sebelumnya.

Karena bersifat sementara, file dalam folder .Recyele bin ini akan terhapus secara permanen dalam jangka waktu tertentu. Biasanya sekitar satu bulanan.

Namun jika Anda akan menghapus seluruh file yang ada di folder ini setelah membersihkan sejumlah file maka tak jadi masalah pada ponselmu.


Konfirmasi penghapusan file recyele bin demi kelancaran smartphone

Itu tadi merupakan tips dari Asifba Art mengenai cara membersihkan memori internal ponsel pintar Android yang berupa file hidden dan berukuran besar supaya lega dan HP menjadi enteng.*****

 

Komentar0

Type above and press Enter to search.