BSYoGpClBUMpGUzoTfr8GUC0TA==

10 Kebiasaan ini Ternyata Bikin Gawai Cepat Panas dan Rusak, Apa Saja?

Ada beberapa hal yang haram dilakukan kepada gawai kesayangan kalian untuk merawat HP supaya masa pakainya lebih panjang.

Ilustrasi bermain gawai (Pixabay)


Asifbaproject.com - Gawai atau smartphone yang digunakan dalam kebiasaan yang salah pasti akan lebih cepat rusak.

Pasalnya kebiasaan buruk tersebut bisa memicu suhu gawai menjadi lebih tinggi dan membuat sejumlah kerusakan pada berbagai komponen.

Ponsel cerdas (gawai) yang cepat panas adalah masalah yang umum terjadi pada sebagian perangkat. H

Hal ini dapat mengganggu pengalaman pengguna dan bahkan merusak perangkat jika tidak dikelola dengan baik. 


Kebiasaan Buruk yang Membuat Gawai Cepat Panas dan Rusak

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gawai cepat panas:

1. Berlebihan Menggunakan Aplikasi Berat

 Menggunakan aplikasi berat seperti game 3D yang membutuhkan sumber daya CPU dan GPU yang tinggi dapat menyebabkan ponsel cepat panas. Hindari bermain game yang sangat membebani ponsel dalam waktu lama.

Aplikasi berat biasanya dipakai untuj bermain game berat yang secara terus menerus dapat membuat ponselmu lebih cepat panas.

Apalagi game online, dimana ponsel bekerja dua kali. Pertama untuk mengangkat gamenya dan kedua harus menghubungkan jaringan internet.

Sebaiknya bermain game di ponsel secukupnya saja. Jika ponsel dirasa sudah cukup panas, maka segera hentikan bermain gamenya dan letakkan ponsel Anda


2. Multitasking Berlebihan 

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat membuat ponsel bekerja keras dan menghasilkan panas. Pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan.


3. Paparan Terhadap Suhu Tinggi

Menggunakan ponsel dalam suhu panas atau di bawah sinar matahari langsung dapat menyebabkan ponsel cepat panas. Hindari penggunaan berlebihan dalam kondisi panas.


4. Menggunakan Charger Tidak Resmi

Menggunakan charger atau kabel yang tidak resmi atau berkualitas buruk dapat menghasilkan panas berlebihan saat mengisi daya baterai. Gunakan perangkat pengisi daya yang sesuai dengan perangkat Anda.


5. Pengisian Daya Berlebihan

Terlalu lama mengisi daya ponsel atau mengisi daya penuh saat tidak diperlukan juga dapat menyebabkan panas berlebihan. Gunakan pengisian daya yang sesuai dengan tingkat baterai yang dibutuhkan.


6. Aplikasi dan Cache yang Tidak Terpakai 

Cache dan data yang tidak diperlukan dari aplikasi yang lama dapat mengumpul dan membebani ponsel. Secara berkala bersihkan cache dan data yang tidak terpakai.


7. Ponsel dalam Casing Tebal

Penggunaan casing atau pelindung ponsel yang tebal atau tidak sesuai dengan desain ponsel dapat mengganggu sirkulasi udara dan membuat ponsel lebih cepat panas.

Penggunaan case tambahan itu terlalu tebal dapat membuat ponsel tidak memiliki sirkulasi udara dan ponsel akan cepat panas.

Selain itu, penggunaan case yang terlalu tebal membuat pengguna tidak merasakan panas, meskipun ponselnya sudah sangat panas.

Dampak buruknya, ketika ponsel sudah tertalu panas, baterai ponsel itu dapat meledak kapan saja. Karena baterai ponsel tidak tahan dengan panas.

Sebaiknya gunakan case tambahan yang tipis. Dimana pengguna dapat merasakan panas ketika ponsel itu sudah mulai panas.


8. Meletakkan ponsel di bawah barang yang empuk

Meletakkan ponsel dibawah barang yang empuk seperti bantal atau kasur. Hal itu justru akan membuat ponselmu cepat panas karena tidak ada sirkulasi udara.

Sebaiknya, letakkan ponselmu di tempat terbuka. Misalnya diletakkan di meja. Tujuannya agar ponselmu mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.


9. Bermain ponsel saat mengisi daya

Bermain ponsel saat mengisi daya dapat membuat ponselmu cepat panas dan merusak baterai.

Hal ini dikarenakan adanya arus bolak balik dari stop kontak ke baterai dan dari baterai yang mensuplay ke mesin ponsel.

Sebaiknya, jika ponselmu sedang diisi dayanya, dimatikan saja. Ponsel yang diisi dayanya ketika mati akan mempercepat proses pengisian dan merawat baterai.


10. Meletakkan ponsel di bagasi motor lalu meninggalkannya

Meletakkan ponsel di bagasi sepeda motor di tempat parkir sangat berbahaya.

Beberapa saat yang lalu, banyak kejadian sepeda motor terbakar hanya karena ponsel yang diletakkan di bagasi sepeda motor.

Perlu Anda ketahui, bagasi sepeda motor itu tempat yang panas karena peletakannya biasanya dekat dengan mesin motor.

Terlebih, bagasi motor juga dekat dengan tangki BBM. Sehingga wajar apabila ponsel terlalu panas dan meledak akan membuat sepeda motor ikut terbakar.

Dikutip dari Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, peningkatan suhu pada ponsel dapat mempengaruhi performa perangkat dalam jangka panjang.

Jadi agar ponsel Anda awet dan tidak sering mengganti ponsel, hindari kelima hal tersebut ya!


Untuk menghindari ponsel Anda cepat panas, pastikan untuk menjaga kebiasaan yang baik dalam penggunaan ponsel Anda. 

Jika ponsel Anda terus mengalami masalah panas berlebihan, sebaiknya konsultasikan dengan produsen atau teknisi profesional untuk memeriksa apakah ada masalah yang lebih serius yang perlu diperbaiki.

Itulah lima kebiasaan yang harus dihindari yang dapat membuat ponsel cepat panas dan ponsel lebih cepat rusak.***


Komentar0

Type above and press Enter to search.