BSYoGpClBUMpGUzoTfr8GUC0TA==

Pengalaman Upload 10 Desain Pertama di Freepik: Kurang Dari 1 Jam, Langsung Jadi Kontributor Resmi!

ASIFBAPROJECT - Asifba akan membagikan pengalaman berharga saat mendaftar sebagai kontributor di agency microstock ternama yakni Freepik. Beruntungnya, 10 desain pertama dari Asifba langsung di ACC pihak Freepik dan resmi menjadi kontributor desain grafis.

Kisah Asifba, lolos 10 desain pertama di Freepik dan langsung jadi kontributor resmi/Asifba Project, Background by Freepik

Sebagai seorang desainer, sudah tentu menjadi kesenangan tersendiri jika ia mendaftar menjadi kontributor di agency microstock dan semua desain yang dikirimkan diterima oleh pihak Freepik.

Pasalnya tak jarang para microstocker pemula yang mengalami reject desain saat mengirimkan file ke agency microstock. Alasanyya pun berbeda-beda. Ada yang standart content, ada juga yang terdeteksi similar design.

Sebagai informasi, untuk mendaftar sebagai kontributor Freepik, desainer harus mengirimkan sepuluh desain pertamanya dengan cara mengupload melalui dashboard Freepik Contributor.

Jika salah satu dari sepuluh desain tersebut di approve pihak Freepik, maka seorang level akun Freepik langsung naik ke level 2 dan sudah menjadi kontributor resmi non exlusive di Freepik.

Nah, berikut ini rangkuman kisah Asifba dalam mendaftar sebagai kontributor Freepik dan semua desain yang dikirmkan bisa diterima oleh pihak agency.

Email notifikasi dari Freepik. File diunggah pukul 18.17 WIB dan semua file desain sudah di approve pada pukul 18.58 WIB/Asifba Project

1. Terinspirasi dari Teman

Asifba mendaftar kontributor Freepik terinspirasi dari seorang teman yang juga menjadi kontrubutor Microstock, yakni pemilik brand Desainia. Dirinya sudah menjadi kontributor kurang lebih satu tahun dan sekarang sudah pernah pay out hasil jerih payahnya melalui Payooner. 

Kemudian, Asifba langsung menghubungi Desainia dan mencoba belajar kepadanya. Mulai dari guidline, cara upload file, mengisi metadata hingga mengetahui jenis file yang diterima di Freepik atau tidak.

Ternyata, tak sembarang file bisa diupload dan diterima oleh pihak Freepik. Hanya file desain dengan format rapi dan editable saja yang biasanya di approve oleh pihak microstock.


2. Belajar Software Baru

Ketika ingin mendaftar sebagai kontributor Freepik, Asifba hanya bisa mendesain menggunakan software CorelDRAW. Sayang sekali file CDR tidak diterima sebagian besar di situs microstock, termasuk di Freepik.

Memang, pihak agensi microstock menerima file EPS. Namun sepengalaman Asifba, file EPS yang dihasilkan dari CorelDRAW biasanya tak selalu rapi. Terkadang ada object yang rusak bahkan berubah jadi bitmap jika dibuka menggunakan Adobe Illustrator.

Pasalnya software standart internasional desainer grafis adalah yang dikembangkan oleh Adobe. Mulai dari Photoshop, Illustrator, After Effect dan lain sebagainya.

Karena Asifba menyukai di bidang vector art dan illustrator, akhirnya Asifba belajar dasar-dasar Adobe Illustrator melalui berbagai media. Mulai dari video tutorial YouTube, Reels Instagram, Facebook hingga website.

Setelah bisa mengetahui tools di AI, Asifba mencoba membuat desain menggunakan Adobe Illustrator dan mengirimkan kepada Desainia untuk dicek kembali apakah file desain sudah siap upload atau perlu revisi.


Tampilan dashboard Freepik Asifba Art sebelum dan sesudah file di Approve dari Level 1 ke Level 2/Asifba Project

3. Standart dan Format File yang Diterima di Freepik

Melalui Google Meet, Desainia melakukan review dan koreksi desain yang dibuat Asifba. Dia mengecek satu per satu desain yang kami buat apakah sudah layak untuk dikirimkan atau di upload di situs Freepik.

Desain pertama, ternyata banyak revisi. Kata dia, Asifba membuat desain dari Adobe Illustrator asal jadi dan kurang rapi, sehingga perlu banyak pembenahan.

Mulai dari vectornya yang kurang rapi, penataan layer yang berantakan dan penamaan layer yang asal-asalan. Semua dibenahi dan dikoreksi oleh Desainia.

Selain itu, ia memberikan giudline atau aturan yang berlaku bagi kontributor Freepik. Hal ini sangat penting bagi kontributor pemula bagi Asifba.

Pasalnya, Freepik hanya memberikan 2 kali kesempatan bagi pendaftar kontributor baru untuk satu email yang sama. Jika dua kesempatan tersebut gagal, maka gagal juga menjadi kontributor di Freepik dan akun email terdampak banned dari list kontributor.



4. Mulai Membenahi File Desain dan di Review Ulang oleh Desainia

Dari sinilah, Asifba membenahi semua file desain yang sudah dibuat dan memperbaiki tatanan dan penamaan layer sesuai standart dari pihak Freepik.

Semua stroke yang belum ter-expand harus di expand terlebih dahulu supaya menjadi object. Layer juga ditata sedemikian rupa. Mulai dari layer background, object dan text harus dipisah.

Selain itu, besaran Artboard juga harus sudah sesuai dengan permintaan Agency. Biasanya Asifba membuat desain untuk stock di microstock menggunakan Artboard ukuran 3000 x 3000 pixel.

Usai direvisi, desain tersebut kemudian dikirimkan kembali kepada Desainia untuk dicek ulang supaya tahu apa saja kekurangan dan kesalahan yang ada.

Ternyata, file desain yang dibuat sudah cukup bagus dan rapi untuk di unggah di situs Freepik. Namun Desainia memberikan arahan untuk membuat desain unik lain daripada lain.

Mulai dari memindahkan ornament, merubah ukuran object sampai merubah warnanya hingga lebih soft dan aman untuk di upload di situs microstock freepik.


Email Notifikasi, tampilan dashboard dan akun Freepik Asifba Art setelah 10 desain pertama di Approve dan Live di situs Freepik/Asifba Project


5. Bikin Desain Lagi dan Upload ke Situs Freepik Contributor

Setelah mengetahui sejumlah giudline dan file yang kemungkinan besar diterima oleh pihak Freepik, Asifba langsung membuat desain hingga 10 supaya bisa segera upload ke situs microstock.

Sebagian besar, Asifba membuat social media templates dan flat design illustration bertemakan Idul Fitri. Meski belum masuk bulan puasa, kontributor Freepik harus membuat desain untuk event dua bulan kedepan.

Semua desain sudah di unggah ke dashboard Freepik Contributor. Kemudian Asifba mengisi metadata sesuai dengan keyword yang pas untuk setiap desain.

Sukses mengisi metadata, Asifba langsung menekan tombol Submit supaya desain yang sudah dibuat segera di review oleh pihak Freepik.

Dan boomm, ternyata semua desain yang kami kirimkan langsung di approve oleh pihak Freepik dalam waktu kurang dari 1 jam. 

Perasaan senang, gembira dan terharu dirasakan oleh Asifba. Padahal ekspektasi desain akan diterima dalam waktu antara 7 hingga 14 hari. Ternyata semua file desain langsung diterima dalam waktu yang singkat.


6. Perbanyak Portofolio dan Upload Terus ke Freepik

Salah satu faktor penentu Earning dalam situs Microstock adalah jumlah download. Nah jumlah download ini juga bergantung dengan kualitas dan kuantitas konten desain yang dibuat.

Semakin banyak kontributor membuat desain dan mengunggahnya ke situs microstock, biasanya jumlah download juga berbanding lurus. Sehingga pemasukan bagi kontributor juga bertambah.

Maka dari itu, wajib bagi seorang microstockers menambah portofolio desain untuk meningkatkan kuantitas konten sekaligus jumlah download.

Toh, kalau jumlah downloadnya nambah earning juga nambah karena penghasilan utama seorang microstockers adalah pay per download.

Maka dari itu, sampai sekarang Asifba mencoba konsisten untuk membuat desain dan mengunggahnya ke situs microstock Freepik.


Demikian artikel mengenai kisah dan ceritaku terkait pengiriman 10 desain pertama untuk menjadi seorang kontributor resmi Freepik yang sudah dilengkapi dengan link pendaftarannya.***

Komentar0

Type above and press Enter to search.