BSYoGpClBUMpGUzoTfr8GUC0TA==

6 Jenis Bahan Pembuatan Spanduk atau Banner, Punya Karakteristik dan Fungsi Berbeda Loh!

Simak enam jenis bahan yang digunakan untuk membuat spanduk atau banner dengan karakteristik dan fungsi yang berbeda sebagai berikut ini.

Ilustrasi bahan spanduk atau banner (Kompilasi Berbagai Sumber)

AsifbaProject.com - Dalam industri dan dunia percetakan, ada sebuah produk yang biasa disebut orang banyak dengan istilah spanduk, MMT atau banner.

Ketiga istilah tersebut merupakan sebutan yang wajar dan bisa menjadi acuan ketika datang ke sebuah toko percetakan.

Jika kita pelajari lebih dalam, ternyata pembuatan spanduk atau banner memiliki jenis  bahan yang berbeda-beda.

Lantas, apa saja bahan yang digunakan untuk membuat spanduk atau banner? bagaimana fungsi dan tujuan perbedaan bahan tersebut? simak selengkapnya dalam artikel ini.

Baca Juga: Free CDR Desain Spanduk MMT Kakbah Vector HD, Siap Dibuat Manasik Haji dan Umroh!


Jenis Bahan Spanduk di Percetakan

Ada beberapa jenis bahan yang umum digunakan untuk mencetak spanduk. Berikut adalah beberapa contoh:

1. Flexy: Flexy merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk kebutuhan percetakan outdor. Bahan ini memiliki kelebihan tahan di segala macam cuaca, tidak mudah luntur dan cukup awet.

Biasanya bahan Vinyl ini memiliki beragam ketebalan, mulai dari 180 GSM, 200 GSM, 230 GSM, 250 GSM, 280 GSM, 300 GSM, 330 GSM hingga 440 GSM.

Bahan yang biasa dipakai oleh industri percetakan adalah seri 250 GSM dan 280 GSM dengan finishing glossy atau matte.

2. Vinyl: Vinyl adalah jenis bahan yang umum digunakan untuk membuat sticker outdor. Ini adalah bahan yang tahan lama, tahan air, dan tahan cuaca, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi eksternal. 

Vinyl juga bisa dicetak dengan kualitas gambar yang baik dan memiliki daya tahan yang baik terhadap luntur warna. Apalagi jika dicetak menggunakan mesin indoor yang akan menghasilkan warna lebih tajam.

Baca Juga: Download File CDR Desain Spanduk MMT Tahun Baru Islam 1445 H Tahun 2023 Muslimat NU

3. Kain: Bahan kain seperti polyester atau nylon juga digunakan untuk membuat spanduk. Spanduk kain memiliki tekstur yang lebih lembut daripada vinyl dan memberikan tampilan yang lebih elegan. 

Spanduk kain juga dapat dicuci dan dilipat, sehingga lebih mudah untuk disimpan dan digunakan kembali.

3. Mesh: Bahan mesh adalah jenis spanduk yang terbuat dari jaring berlubang-lubang. Ini memungkinkan angin dan cahaya melewati spanduk dengan mudah, menjadikannya cocok untuk digunakan di tempat-tempat yang memiliki angin kencang. 

Spanduk mesh biasanya digunakan untuk iklan luar ruangan atau di area konstruksi.

4. Canvas: Bahan canvas juga digunakan untuk spanduk, terutama untuk tujuan dekoratif atau seni. Canvas memberikan tampilan yang lebih tekstural dan artistik, sering digunakan dalam pameran seni atau display yang lebih kreatif.

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Harlah WG Sanindo ke-7 dan Muktamar ke-1 di Jabal City Kaliwungu Kendal 

5. Albatros: Bahan ini memiliki tekstur bahan yang lembut dan juga halus seperti kertas. Albatros ini sangat cocok jika penggunaannya sebagai media promosi dalam ruangan. Seperti poster, Y banner, X banner, mini X banner dan juga Roll Up Banner.

6. Backlite: Jenis bahan spanduk atau banner selanjutnya yaitu bahan backlite, termasuk bahan yang paling populer untuk menampilkan banner di neon box.

Backlite memiliki ciri khas yang tebal, halus dan sedikit transparan. Seperti neon box yang bisa ditampakkan cahaya dari belakang.

Selain itu, bahan ini juga banyak manfaatnya sebagai stand dan showroom di pusat perbelanjaan.

Baca Juga: 11 Template CDR Desain Spanduk MMT Halal bi Halal: Unik, Estetik dan Banyak Pilihannya!

Selain jenis bahan diatas, masih ada bahan lain yang bisa digunakan dalam industri percetakan.

Pilihan bahan spanduk tergantung pada kebutuhan dan kondisi penggunaan spanduk. 

Pertimbangkan lingkungan tempat spanduk akan ditempatkan, kebutuhan daya tahan terhadap cuaca, ukuran spanduk, serta tampilan dan gaya yang diinginkan untuk memilih jenis bahan yang sesuai.

Itulah jenis aneka ragam bahan spanduk atau banner yang memiliki perbedaan fungsi dan karakteristik sebagaimana dirangkum penulis dari berbagai sumber.***

Komentar0

Type above and press Enter to search.